Negara Penghasil Programmer

 

 

Negara Penghasil Programmer Terbaik

By Admin Bodong

 

 

Banyak yang mungkin menduga, Amerika adalah negara dengan programmer terbaik. Karena di sana sarangnya para programmer legendaris seperti Bill Gates, Ken Thompson, Dennis Ritchie, dan Donald Knuth. Namun ternyata bukan. Hal ini dibuktikan oleh HackerRank.

HackerRank merupakan sebuah platform untuk menentukan rangking para programmer beradasarkan skill coding yang dimilikinya. HackerRank sering mengadakan tantangan (challenges) untuk meningkatkan kemampuan para programmer. Ribuan programmer dari seluruh penjuru dunia ikut berpartisipasi dalam tantangan. Programmer dinilai berdasarkan kombinasi akurasi dan kecepatannya. Beberapa bulan yang lalu, HackerRank mempublikasi hasil analisis datanya. Berikut ini 10 Negara dengan programmer terbaik menurut HackerRank.

#1 Cina

Cina menjadi negeara dengan ranking 1 di HackerRank. Cina unggul pada tantangan struktur data, matematika, dan pemrograman fungsional.

#2 Rusia

Sementara Rusia meraih ranking ke-2 setelah Cina. Rusia unggul pada tantangan Algoritma.

#3 Polandia

Polandia unggul dalam tantangan pemrograman Java. Anak-anak di Polandia sudah diajari pemrograman di sekolah. Sistem pendidikan mereka lebih fokus pada sains dan komputasi.

#4 Swis

Swis meraih peringkat ke-4 pada HackerRank. Swis meruapakan tempat kelahiran bahasa pemrograman Pascal

#5 Hongaria

Hongaria mendapat rangking ke-5, mereka unggul pada tantangan dalam bentuk tutorial. Hongaria juga menjadi negeara eropa pertama yang memasukan pelajaran pemrograman dalam sistem pendidikan mereka.

#6 Jepang

Jepang adalah negara terbaik yang menyelesaikan tantangan kecerdasan buatan di HackerRank. Jepang juga tempat kelahiran bahasa pemrograman Ruby. Namun, Jepang mendapatkan peringkat ke-6 pada HackerRank.

#7 Taiwan

Taiwan mendapatkan rangking ke-7. Merka meraih skor tinggi pada tantangan database, pemrograman fungsional, algoritma dan struktur data.

#8 Prancis

Prancis lebih dominan pada C++. Karena prancis sudah memasukan pelajaran pemrograman pada sekolah dasar sejak bulan juni 2014.

#9 Republik Ceko

Republik ceko lebih unggul pada tantangan dengan shell scripting. Mereka juga meraih peringkat kedua pada tantangan matematika. Namun, hanya mampu masuk rangking ke-9.

#10 Itali

Itali meraih peringkat ke-10. Mereka hebat dalam tantangan database dan tutorial. Mereka dapat rangking kedua pada dua tantangan tersebut.

Itulah 10 negara dengan programmer terbaik menurut HackerRank Lalu, Indonesia peringkat ke berapa?

Berdasarkan data yang dipublikasikan HackerRank, Indonesia meraih peringkat ke-40. Berada di atas Slandia Baru, Mesir, Afrika Selatan, Banglades, Kolombia, Filipina, Malaysia, Nigeria, Srilangka, dan Pakistan.

Meskipun masih rangking 40, kita masih punya kesempatan untuk meraih rangking yang lebih baik.

000webhost logo